Polri Peduli Budaya,Literasi,! Siswa SMKN I Atadei Dapatkan Ratusan Buku dari Polres Lembata

Polri Peduli Budaya,Literasi,! Siswa SMKN I Atadei Dapatkan Ratusan Buku dari Polres Lembata

Lembata -JurnalPolri.Com- Kepedulian Polri terhadap pendidikan terus terpancar melalui berbagai inisiatif positif. Salah satu upaya terbaru adalah program “Polri Peduli Budaya Literasi” yang bertujuan untuk mendistribusikan buku ke pelosok negeri.Tampaknya, Kepala Kepolisian Resor Lembata, AKBP Vivick Tjangkung yang didampingi oleh Jajaran Pejabat Utama Polres Lembata melakukan kunjungan ke SMK Negeri 1 Atadei untuk memberikan bantuan buku kepada puluhan siswa yang bertempat di Aula SMKN I Atadei .Pada Jumat (22/9/2023), pagi.

 

Terpantau, Kedatangan rombongan Polres Lembata disambut hangat oleh Tokoh adat, Kepala sekolah, Para guru, dan puluhan siswa SMKN I Atadei yang ditandai Prosesi Adat yakni pengalungan selendang adat Sapaan adat.Kesempatan itu, Kapolres Lembata, AKBP Viviek Tjangkung mengatakan, kehadiran Polres Lembata hari ini memberikan bantuan ratusan buku terdiri dari Buku bacaan dan buku tulis, pinsil,dan alat tulisnya lainnya yang merupakan literasi yang nantinya membuka wawasan serta pengetahuan siswa, karena sesungguhnya buku adalah sumber pengetahuan yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja,” ucapnya

Viviek juga mengingatkan bahwa buku yang diberikan yang bertujuan salah satunya sebagai jendela dunia dan pentingnya literasi untuk meningkatkan minat baca baik anak didik maupun generasi muda serta masyarakat. Ujarnya.Berkaitan dengan kegiatan Anak didik di sekolah tentunya, kembali Kapolres Vivieck menyebutkan, saat ini pihaknya telah mendirikan Cafe dan Rumah Toko Tenun ikat sebagai upaya dalam membantu pemerintah meningkatkan produktivitas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk menghidupkan masyarakat di wilayah Kabupaten Lembata. Ungkapnya.

Dikatakannya, dengan adanya Cafe Polres Lembata, nantinya dijadikan sebagai tempat pelatihan dalam pengelolaan jagung titi, anyaman tas, anyaman topi, dan juga pembuatan tenunan kain., hal ini tentunya kata Vivieck akan bekerja sama dengan para pendidik tingkatan SLTA yang berada di Kabupaten Lembata sebagai kegiatan ekstrakurikuler dengan melestarikan penenun dan pengelolaan Jagung titi serta pengrajin lainnya, Jelas Polisi Wanita yang berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi ini.Kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMK Negeri I Atadei, Ferdinandus W. Karangora S.Pd mengucapkan apresiasi dan merasa bangga serta bersyukur atas dukungan Polri melalui Kapolres Lembata bersama Jajarannya karena bisa berkunjung di sekolah yang satu satunya berada di Kecamatan Atadei yang memiliki jumlah murid 59 orang dan 25 tenaga pendidik. Ungkapnya

“Berkali kali Ferdinandus merasa bangga dan mengapresiasi kepada Polres Lembata telah mendistribusikan buku sebagai bentuk dukungan yang sangat berarti bagi kemajuan pendidikan di sekolah ini, Selain itu Ferdinandus juga memaparkan bahwa, Sekolah ini adalah sekolah yang menunjukkan pada prospek di bidang pertanian yang saat belum nampak untuk diketahui. Paparnya.

Kembali Ferdinandus sangat tertarik langka yang berinovasi ibu Kapolres yang telah mendirikan Cafe Polres yang salah satunya menyediakan tempat latihan untuk anak didik dalam kegiatan ekstrakurikuler berupa tempat pelatihan anak didik , sehingga hal tentunya dapat menunjang program sekolah khususnya anak didik di SMKN i Atadei. Ujar Ferdinandus. ( info by media humas Polri)