Pimpin Apel Gelar Pasukan OPS "KESELEMATAN TURANGGA-2022" Kapolres Lembata Tekankan Budaya Tertib Lalulintas.

Pimpin Apel Gelar Pasukan OPS

Tribratanewslembata - Dengan Mengusung Tema "Melalui Operasi Keselamatan - 2022 Kita Wujudkan Budaya Tertib Berlalulintas Guna Terciptanya Sitkamseltibcarlantas Yang Kondusif Serta Dalam Upaya Memutus Rantai Penyebaran Covid-19", Polres Lembata melakukan apel gelar pasukan dalam rangka " Operasi Keselamatan Turangga-2022 ", selasa (01/03/2022) pukul 08.00 WITA.

Bertempat di Lapangan Apel Polres Lembata Berlangsung Kegiatan Apel Gelar Pasukan OPS Keselamatan Turangga - 2022 Polres Lembata, yang mana kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Lembata AKBP Dwi Handono Prasanto, S.I.K, selaku Perwira Apel Kabag Ops Polres Lembata AKP Agustinus Salawane dan Komandan Apel Kanit I Reskrim IPDA Frans Ola Peka.

Kegiatan gelar pasukan tersebut melibatkan pasukan upacara antara lain, 1 Sst Para PJU dan Perwira Polres Lembata., 1 Sst TNI AD, 1 Sst Sat Lantas, 1 Sst Sat Sabhara, 1 Sst Gabungan Staf, 1 Sst Sat Pol Airud, 1 Sst Dishub Kab. Lembata, 1 Sst sat Intelkam.

Dalam arahannya Kapolres Lembata menerangkan bahwa permasalahan di bidang lalu lintas telah berkembang dengan cepat dan dinamis akibat dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidup, perkembangan transportasi juga telah mengalami modernisasi sehingga Polri dalam hal ini Polisi Lalulintas dipandang perlu meningkatkan inovasi dan kinerja agar dapat mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi tersebut.

Polisi Lalulintas terus berupaya melaksanakan program Kapolri yang disebut Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transportasi, Berkeadilan). Sesuai amanat undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalulintas dan angkutan jalan, Polri khususnya Lalulintas diharapkan dapat mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalulintas (Kamseltibcar lantas), meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalulintas, membangun budaya tertib berlalulintas dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Kapolres Lembata AKBP Dwi Handono Prasanto, S.I.K menjelaskan bahwa Operasi keselamatan ini merupakan jenis operasi harkamtibmas yang mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan persuasif serta humanis dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19. (41|A.L)

 

(HUMAS POLRES LEMBATA)