Satlantas Polres Lembata Gelar Operasi Hari Ketiga Operasi Keselamatan Turangga 2024

Satlantas Polres Lembata Gelar Operasi Hari Ketiga Operasi Keselamatan Turangga 2024
Satlantas Polres Lembata Gelar Operasi Hari Ketiga Operasi Keselamatan Turangga 2024

Satuan Tugas Preventif Polres Lembata, Polda Nusa Tenggara Timur melaksanakan Kegiatan Operasi Keselamatan Turangga 2024 dihari ketiga yang dipimpin langsung oleh Kepala Satuan Lalu lintas Polres Lembata, AKP Abdul Malik S.H yang berlokasi di Jembatan Kota Baru dan Jembatan LJM Wangatoa, Rabu, 6 Maret 2024. Pukul 08.00 WITA hingga selesai.

Pantauan media, dalam rangka menciptakan situasi keamanan dan ketertiban berlalulintas yang kondusif umumnya di wilayah hukum Polres Lembata, Satlantas Polres Lembata melaksanakan operasi keselamatan Turangga 2024 diberbagai lokasi strategis seputaran Kota Lewoleba.

“Dalam hal ini Kepala Satuan Lalulintas Polres Lembata AKP Abdul Malik S.H mengatakan bahwa, dengan adanya sosialisasi melalui media terkait kegiatan Operasi Keselamatan Turanggan 2024 untuk sementara ini adanya tingkat kesadaran masyarakat berlalu lintas sepertinya kini membaik walaupun tidak secara menyeluruh, akan tetapi dapat mengurangi angka kecelakaan tentunya dengan adanya kegiatan Operasi tersebut berhasil dapat mengurangi angka kecelakaan yang dapat menyebabkan luka ringan maupun kecelakaan yang fatal,”ungkapnya.

pelanggaran yang ditemukan dalam kegiatan yakni, tidak memiliki dan tidak membawa Surat Izin Mengemudi, kurangnya kesadaran pemilik kendaraan dalam membayar pajak, tidak menggunakan Helm saat berkendara baik pengemudi maupun penumpang, pengendara menggunakan knalpot brong / knalpot racing, berboncengan lebih dari 2 orang, kendaraan roda 4 dengan muatan berlebihan/overload,” terangnya.

 

Hal ini, “kata Kasat Abdul Malik untuk memberikan efek jera terhadap para pelanggar lalulintas diberikan himbauan untuk pelanggar yang masih bisa di tolerir dan blanko tilang untuk pelanggaran berat yang bisa membahayakan pengguna jalan lainnya. Selain itu, Abdul Malik menjelaskan terkait keuntungan dan kerugian sehingga pelanggar dapat mengerti dan memahami tujuan diberlakukannya hal tersebut,”ujarnya.

Kemudian, Abdul Malik berharap “bukan hanya operasi keselamatan Turangga Turangga 2024, pihaknya akan terus melakukan Operasi Keselamatan dengan terus menekan para pengguna jalan agar tidak melakukan pelanggaran sehingga tidak menyebabkan kecelakaan yang dapat menyebabkan terjadi luka ringan maupun kecelakaan yang membahayakan,”tutup Kasat Lantas Polres Lembata, AKP Abdul Malik SH