POLRI DUKUNG OBJEK PARIWISATA DIBUKA KEMBALI

POLRI DUKUNG OBJEK PARIWISATA DIBUKA KEMBALI

Tribratanewslembata- Polri mengakui bahwa Indonesia memiliki potensi yang luar biasa dalam bidang pariwisata. Hal ini terlihat dari jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Indonesia yang mengalami kenaikan signifikan dari 10,41 juta (2015), naik menjadi 12,01 juta (2016), 14,04 juta (2017), dan 15,81 juta (2018).

 Untuk itu, Polri mendukung pembukaan kembali objek-objek pariwisata di tanah air, khususnya Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di tengah masa pandemi Covid 19, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

 Webinar yang bertemakan “Geliat Destinasi Pariwisata Super Prioritas di Tengah Pandemi” itu menghadirkan narasumber: Haryadi Sukamdani (Ketua Umum APINDO),  Sonny Harry B. Harmadi (Kabid Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid 19), Dr. Ir. Hari Santoso Sungkar (Deputi Bidang Pengembangan Destinas dan Infrastruktur Kemenparekraf); dan Brigjen Pol. Suhendri, S.H., S.I.K. (Dirpamobvit Korsabhara Baharkam Polri).

 Ketua Umum APINDO Haryadi Sukamdani mengemukakan, pandemi Covid 19 dalam setahun terakhir telah memporak porandakan sektor pariwisata di tanah air. Pada April 2020, jumlah wisman anjlok 87,44% dari tahun sebelumnya. Sementara tingkat hunian kamar di bawah 12,67%, restoran sebagian besar tutup, dan destinasi pariwisata ditutup sementara.

 Namun demikian Ketua Umum APINDO itu melihat potensi besar kebangkitan sektor pariwisata di tahun 2021, dimana para pihak yang semula menahan spending di 2020 akan membelanjakannya di 2021 dalam kondisi penanganan pandemi yang diiringi dengan pelaksanaan vaksinasi di masyarakat.Karena itu, Haryadi Sukamdani faktor yang menjadi game changer kebangkitan sektor pariwisata di Indonesia, adalah keberhasilan vaksinasi massal Covid 19.

 Sementara Kabid Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid 19 Sonny Harry B. Harmadi mengemukakan, industri pariwisata telah dipersiapkan untuk menerima kunjungan wisatawan.

Namun perlu dukungan masyarakat dengan tetap perubahan perilaku sesuai 3M untuk wisata lebih aman, nyaman, sehat, dan berkelanjutan.

Mengenai protokol kesehatan di tempat wisata, Sonny menguraikan:

A. membentuk satgas pada setiap lokasi wisata;

B. menyiapkan ruang isolasi sementara;

C. memahami prosedur penolongan pertama;

D. memastikan penerapatan protokol kesehatan 3M;

E. siapkan wastafel dan sabun cuci tangan;

F. memasang poster/stiker pengingat 3M;

G. menjaga kebersihan tempat wisata; dan

H. Memastikan penerapan CHSE (cleanless, health, safety, and enviromental suistainability) di tempat wisata. (41|A.L)

(HUMAS POLRES LEMBATA)