Kepolisian Resor Lembata Gelar Upacara Hari Bhayangkara Ke-74 Secara Virtual

Kepolisian Resor Lembata Gelar Upacara Hari Bhayangkara Ke-74 Secara Virtual

Tribratanewslembata- Kepolisian Resor Lembata pagi ini, Rabu (1/7/2020) menggelar Upacara Hari Bhayangkara ke-74.

Upacara diikuti oleh Kapolres Lembata AKBP Yoce Marten,S.H.,S.I.K.,M.I.K.  dan para penjabat Utama Polres Lembata.Pada upacara hari Bhayangkara Ke-74 ini turut dihadiri juga oleh jajaran Forkopmida antara lain, Bupati Lembata, Ketua DPRD Kab. Lembata, Danramil 1624-03 Lewoleba, DANPOS TNI AL Lembata, Ketua Pengadilan negeri Lembata, Kepala Kejaksaan Negeri Lewoleba, KA Lapas Kelas 3 Kab. Lembata, Kepala KCP BRI Lewoleba, Forum Komunikasi Umat Beragama,  Purnawirawan dan Warakawuri serta para Tokoh Masyarakat.

Pelaksanaan Upacara Hari Bhayangkara pada tahun ini diselenggarakan berbeda seiring adanya pandemi COVID-19. Upacara yang biasanya diselenggarakan secara langsung atau tatap muka kini dilakukan secara virtual dengan menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, upacara yang biasanya dilaksanakan di lapangan, kini dilaksanakan di depan lobi utama Mapolres Lembata.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo, selaku inspektur upacara.

Pada peringatan Hari Bhayangkara tahun ini, Polri mengusung tema “Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif”.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidatonya di Istana Negara menyinggung pandemi COVID-19 yang melanda dunia menurutnya sebuah cobaan berat.

"Sebagai bangsa pejuang kita tidak boleh cepat menyerah, pandemi COVID-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia merupakan cobaan yang berat," kata Presiden Jokowi.

Preseiden Jokowi mengajak semua pihak bekerja keras menghadapi COVID-19. Dia menegaskan masalah kesehatan dan ekonomi harus diselesaikan.

"Kita harus terus berikhtiar dan bekerja keras untuk mengatasi permasalahan kesehatan maupun permasalahan ekonomi," katanya.

Presiden Jokowi menekankan pentingnya kehadiran Polri di tengah pandemi COVID-19. Polri di tingkat pusat hingga daerah, kata Jokowi, harus aktif, terutama menjaga keamanan di saat Indonesia berjuang menghadapi COVID-19.

"Dalam situasi sulit sekarang ini, kehadiran dan keterlibatan seluruh jajaran Polri sangat sangat dibutuhkan, dari jajaran Mabes dan Polda, Polres Dan Polsek, sampai Bhabinkantibmas di desa-desa harus ikut aktif terlibat mengajak masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan, Aktif mengawal kelancaran dan ketepatan penyaluran bantuan sosial dan tentu saja menjaga keamanan dan ketertiban agar situasi tetap kondusif tetap aman dan damai,"imbuhnya.

Sebelum mengakhiri amanat, Bapak Presiden Ir. H. Joko Widodo menyampaikan beberapa instruksi sebagai pedoman dalam pelaksaan tugas Polri yaitu

1. Terus tingkatkan kualitas SDM Polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045.

2. Strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat tetap dilaksanakan secara profesional, sehingga akan memiliki daya ungkit yang lebih baik dalam pemulihan keadaan ekonomi dan sosial masyrakat.

3. Tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, secara konsisten dan berkelanjutan. Pahami betul sejauh mana pemahaman, harapan dan partisipasi masyarakat, serta lakukan evaluasi terus menerus.

4. Tingkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkamn penegakan hukum yang profesional, transparan dan berkeadilan. 

5. Perkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, kementerian/lembaga, pemerintah daerah dan masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri.

6. Pelajari dan dalami segala potensi kerawanan dan potensi konflik dalam setiap pentahapan pemilu kepala daerah tahun 2020 dan lakukan penanganan secara profesional dengan mengedepankan tindakan persuasif.

7. Pada kehidupan normal baru, bangun terus disiplin masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19 di tengah kegiatan produktif yang tetap harus dilaksanakan dan kawal setiap langkah pemulihan dan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Dirgahayu Kepolisian  Negara Republik Indonesia, Teruslah Menjadi Rastra Sewakotama bagi nusa dan bangsa,tutup Bapak Presiden Ir. H. Joko Widodo.(42|H.K).

( HUMAS POLRES LEMBATA )