Polres Lembata Gelar Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan "Mantap Praja Turangga - 2024

Polres Lembata Gelar Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan

Senin 26 Agustus 2024 pada pukul 08.00 wita, Polres Lembata melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi "Mantap Praja Turangga – 2024 bertempat di lapangan Upacara Polres Lembata.

Pada pelaksanaan Apel gelar pasukan tersebut Di pimpin Langsung Oleh Kapolres Lembata Akbp I Gede Eka Putra Astawa, S.H., S.I.K serta di ikuti Oleh

 

- 1 Sst Gabungan TNI

- 1 Sst Lantas

- 1 Sst Samapta

- 1 Sst Gabungan Staf Polres Lembata

- 1 Sst Staf Polsek

- 1 Sst Bhabinkamtibmas

- 1 Sst Gabungan Sat Intel, Reskrim dan Narkoba.

- 1 Sst Pemadam Kebakaran

- 1 Sst Sat Pol PP Kab.Lembata

- 1 Sst Dishub Kab.Lembata

- 1 Sst Linmas

Serta pada pelaksanaan Upacara tersebut juga di hadiri Oleh :

 

- Pj. Bupati Lembata, Paskalis Ola Tapobali, A.P, M.T.

- Pabung 1624 Flotim Lembata Mayor Chz. Sunoko.

- Kasi Intel Kejaksaan Negeri Lembata, Teddy Valentino, S.H.

- Panitera Pengadilan Negeri Lembata, Markus Reinardus Ariwibowo, S.H.

- Waka Polres Lembata Kompol Abd. Basith Algadri.

- Kaban Kesbangpol Kab. Lembata

- Camat Nubatukan Yusef Dionesius Ola.

- Plt. Kasat Pol PP Kab. Lem Yohanes Berchmans Dai, S.I.P.

- Para PJU dan Perwira Jajaran Polres Lembata.

- Danpos AL Lembata Serda Jufri Abas.

- Perwakilan Kalapas Kelas III Lembata.

- Perwakilan Kepala Dinas Perhubungan Kab. Lembata.

- Perwakilan Kepala Syabandar Kab. Lembata.

- Para tokoh Masyarakat dan Agama

- Para Ketua dan Pengurus Partai Politik Kab. Lembata.

 

Pada pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi "Mantap Praja Turangga – 2024 Kapolres Lembata Akbp I Gede Eka Putra Astawa, S.H., S.I.K melakukan penyamatan tanda Pita Operasi, sebagai simbol telah di mulainya pelaksanaan operasi tersebut.

Pada apel tersebut Kapolres Lembata Akbp I Gede Eka Putra Astawa, S.H., S.I.K menyampaikan beberapa poin yakni

 

- Apel gelar pasukan ini diselenggarakan guna mengecek kesiapan personel dan sarana prasarana Polri bersama unsur terkait sebelum diterjunkan di lapangan dengan demikian diharapkan semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan optimal dalam rangka mensukseskan pengamanan pemilukada serentak tahun 2024 di wilayah kabupaten lembata.

Peserta apel gelar pasukan yang saya hormati,

 

- Perlu kita cermati pada pelaksanaan pemilukada serentak tahun 2024 di wilayah kabupaten lembata ini, berbagai potensi kerawanan dapat terjadi sehingga memerlukan perhatian serius kita semua untuk diantisipasi sejak dini agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata yang dapat mengganggu dan menghambat pelaksanaan pemilukada di wilayah kab. lembata.

 

- Berbagai potensi kerawanan tersebut dapat terjadi dalam setiap tahapan pemilukada berupa pelanggaran tindak pidana pemilukada termasuk tindak pidana umum yang harus dapat dikelola dan ditangani oleh polri secara profesional, transparan dan akuntabel. terkait tindak pidana pemilukada sangat diharapkan peran optimal dari sentra gakkumdu yang terdiri dari unsur Polri, kejaksaan dan panwaslu sehingga dapat menyelesaikan dengan tuntas setiap pelanggaran tidak pidana pilkada yang terjadi.

 

Peserta apel gelar pasukan yang saya hormati,

 

- Guna menjamin stabilitas kamtibmas selama berlangsungnya pemilukada serentak tahun 2024 di wilayah kabupaten lembata, polda ntt menggelar operasi kepolisian mantap praja turangga 2024 dan polres lembata merupakan salah satu yang menjadi pelaksananya. dalam operasi kepolisian mantap praja turangga 2024 tingkat polres lembata bertema “ kesiapan pengamanan pemilihan umum kepala daerah tahun 2024 di wilayah kab. lembata yang aman, damai, dan kondusif “, yang mana operasi ini  akan dilaksanakan selama 101 (seratus satu) hari meliputi tahapan pendaftaran kampanye, masa tenang, pemungutan suara dan penghitungan suara sampai dengan pengambilan sumpah dan janji bupati dan wakil bupati terpilih, dengan melibatkan  180 personel Polres Lembata, 32 Personel bawah kendali operasi (BKO) dari satuan Brimob Polda NTT, unsur TNI dan Limas.

 

- Tugas pokok polri dan mitra kamtibmas lainnya dalam pelaksanaan operasi mantap praja turangga 2024 adalah menjamin keamanan dengan mengutamakan kegiatan pencegahan, didukung kegiatan intelijen, pengendalian massa dan penegakan hukum sehingga tercipta suasana yang kondusif selama pelaksanaan pemilukada serentak 2024 di wilayah kabupaten lembata.

 

- Tujuan operasi ini adalah menjamin keamanan sepanjang rangkaian kegiatan pemilukada tahun 2024 dengan sebaik – baiknya serta berupaya mewujudkan terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif agar dapat memberikan rasa aman kepada para penyelenggara dan peserta pemilukada  di wilayah kabupaten lembata serta menjamin masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan bebas, jernih sesuai hati nuraninya.

 

Peserta apel gelar pasukan yang saya hormati,

 

- Untuk kesiapan menghadapi tugas pengamanan pemilukada serentak tahun 2024 di wilayah kabupaten lembata  maka pada kesempatan apel gelar pasukan  ini, ada beberapa pesan yang ingin saya sampaikan untuk menjadi bekal dalam pelaksanaan tugas pengamanan  :

 

1). Siapkan mental dan fisik serta jaga stamina dengan dilandasi moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat sehingga dapat menampilkan jati diri polri sebagai pelindung,pengayom dan pelayan masyarakat serta penegak hukum yang profgesional, jujur, benar, adil, transparan dan akuntabel.

 

2). Tingkatkan deteksi dini dan petakan setiap kerawanan pada setiap tahapan pemilukada dengan mengedepankan fungsi intelijen dan bhabinkamtibmas guna mengetahui tiap perkembangan yang ada dalam masyarakat sehingga setiap permasalahan yang berpotensi dapat mengganggu jalannya pelaksanaan pemilukada dapat diantisipasi sedini mungkin dan tidak memberikan dampak yang lebih luas.

 

3). Perkokoh kerja sama yang harmonis dengan seluruh penyelenggara pemilukad di kabupaten lembata, unsur tni dan segenap komponen masyarakat  guna mewujudkan sinergisitas yang proaktif dalam rangka pengamanan pemilukada serentak tahun 2024 di kabupaten lembata.

 

4). Agar selalu menjaga komitmen dan netralitas serta tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis dalam penyelenggaraan pemilukada ini.

 

5). Lakukan penegakan hukum terhadap pelanggaran tindak pidana pemilukada secara tuntas dan terpadu melalui sentra gakkumdu.

 

Peserta apel gelar pasukan yang saya hormati,

 

- Sebelum mengakhiri amanat ini, marilah kita jadikan apel gelar pasukan ini untuk menyatukan tekad dan komitmen dalam rangka mengawal dan mengamankan serta mensukseskan pemilukada serentak tahun 2024 di wilayah kabupaten lembata. T.V.A “ dregs”