Pastikan Pemilu 2024 Di Lembata Aman; Polres Lembata Deklarasikan Pemilu damai untuk Semua Unsur pelaksana dan pengamanan

Pastikan Pemilu 2024 Di Lembata Aman; Polres Lembata Deklarasikan Pemilu damai untuk Semua Unsur pelaksana dan pengamanan

Memasuki tahapan Pemilu, Polres Lembata, Polda NTT menggelar Deklarasi Pemilu Damai tahun 2024 dan Forum Silaturahmi Kamtibmas yang bertempat di Cafe Pol Bata pada (14/11/23). Pukul 10.00 Wita.

Tampak acara ini dihadiri oleh berbagai pihak penting, seperti Forkopimda Kabupaten Lembata, Jajaran KPUD, Jajaran Bawaslu, Para pimpinan Partai Politik peserta pemilu,, Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama, Para Tokoh Agama, Tokoh Adat, Ketua PWI, Ketua PMKRI, dan Beberapa komunitas lainnya.

Dalam sambutannya, Kapolres Lembata AKBP Yosephine Vivick Tjangkung mengatakan bahwa, Pentingnya Pemilu sebagai fondasi demokrasi di Indonesia sebagaimana telah kita saksikan bersama melalui deklarasi pemilu damai dengan suatu perjanjian yang lahir dari lubuk hati yang paling dalam untuk bangsa dan negeri kita Indonesia yang tercinta. Ungkapnya.

Lanjut, Kapolres Vivick, ” Kita menyambut masa demokrasi seluruh rakyat Indonesia berharap penuh bahwa tidak ada sesuatu hal yang menimbulkan keresahan dan tidak ada satupun terjadi suatu keadaan yang berpotensi konflik di tanah leluhur Kabupaten Lembata ini., Untuk itu, dengan kehadiran kita sebagai pewaris kedamaian bahwa dengan kegiatan ini menunjukkan bahwa kesiap siagakan tulus dan terbuka dalam menghadapi pemilu ini dengan Damai tentunya. Namun suatu hal yang perlu di tegaskan bahwa, kita harus membuat Kabupaten Lembata ini sejarah dalam pesta demokrasi ini. Tegasnya.

Kemudian Kapolres Vivick menuturkan, Sengaja pihaknya mengundang kita sebagai pemangku kepentingan untuk hadir dalam kegiatan deklarasi damai yang disaksikan oleh alam leluhur lagipula kita dikelilingi oleh lautan, alam dan hal ini tentunya menuntut kita dalam memasuki pesta demokrasi ini pihaknya selalu siap memberikan kenyamanan masyarakat Lembata. Ujarnya .

Kapolres AKBP Vivick menyebutkan, Meminta bukan berarti kita berada pada posisi dibawah, akan tetapi untuk kebersaman agar di kabupaten Lembata tidak ada lagi hal hal yang terjadi pada masa pemilu sebelumnya, sebut Vivick bahwa, kita semua menggiring masyarakat untuk melaksanakan pesta demokrasi dengan riang gembira, sehingga dengan melalui kegiatan ini pihaknya bersama TNI akan memberikan suatu keadaan penuh kedamaian ,dan penuh kehangatan dalam pelaksanaan pesta demokrasi 2024 mendatang. Pungkas Vivick.

“Indonesia adalah negara demokrasi di mana pada tahun 2024 mendatang, terjadi Pemilihan Presiden , Kepala Kepala Daerah dan Legislatif yang dipilih oleh masyarakat melalui pemilu. Sehingga dalam rangka pengamanan Pemilu 2024, Mabes Polri telah melaksanakan operasi dengan sandi “Mantab Brata 2024.”terang AKBP Vivick

Kapolres Lembata juga mengungkapkan bahwa setiap Pemilu memiliki potensi kerawanan kamtibmas yang dapat dipicu oleh beberapa oknum tertentu, olehnya itu, Polri berkomitmen untuk bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan, termasuk Forkopimda, TNI, Bawaslu, Partai Politik, dan Tokoh Agama, untuk menciptakan pemilu yang aman dan damai. Harap Kapolres Vivick.

Upaya tersebut juga untuk menanggulangi berita palsu (hoax) yang bisa mengganggu keamanan dan ketertiban selama pemilu berlangsung.

Selain itu, tokoh-tokoh agama di Kabupaten Lembata diharapkan dapat aktif menyuarakan pesan-pesan kamtibmas untuk memastikan pemilu berjalan damai. Tambahnya.

Selanjutnya Kapolres Lembata dalam acara Diskusi Forum Silaturahmi Kamtbmas memberikan pesan kepada Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu agar bekerja secara profesional dan proporsional dalam mengawal pemilu 2024 sehingga dapat berjalan aman dan tertib. Harapannya.

Kembali Kapolres Vivick juga menekankan netralitas anggota Polri, bahwa mereka tidak boleh terlibat dalam pusaran politik Pemilu 2024, kata Vivick bahwa, Polri menjunjung tinggi netralitas, dengan demikian Polri bisa tetap menjaga profesionalisme dan dedikasi dalam menjalankan tugas-tugas kamtibmas yang berkaitan dengan pengamanan pemilu.” pungkasnya.

Kapolres yang disapa Vivick ini menyebutkan bahwa, dengan adanya Forum Silaturahmi Kamtibmas yang ditandai dengan dengar pendapat ini menjadi bukti nyata komitmen Polres Lembata untuk menciptakan lingkungan yang aman dan damai di wilayah hukum Polres Lembata dalam pelaksanaan pemilu serentak 2024 mendatang. Imbuhnya.

“Vivick juga mengajak semua pihak untuk bekerja bersama-sama demi suksesnya Pemilu 2024 di Kabupaten Lembata.” tutupnya. (Info By Mediahumaspolri.Com)