Kapolres Lembata Pimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Kesiapan Menyambut Nataru.

Kapolres Lembata Pimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Kesiapan Menyambut Nataru.

Tribratanewslembata - Bertempat di Taman Baca Polres Lembata berlangsung Kegiatan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Dalam Rangka Kesiapan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Turangga-2022 Polres Lembata.

Kegiatan yang dipimpin oleh Bapak Kapolres Lembata AKBP Dwi Handono Prasanto, S.I.K dengan didampingi oleh Perwira Penghubung Kodim 1624 Flotim Mayor CZi. Sunoko melibatkan seluruh pejabatan utama Polres Lembata, Ka Upbu Wunopito Sdr. Alfons Gonsales W., Kepala Seksi LLAJ Sdr. Andreas  Bediona., Kepala Wilker Kesehatan Pelabuhan Sdri. Armiyati Zainun., Fungsional dinas Kesehatan Sdri. Maria B.K. Beyeng., Camat Nubatukan Sdr. Yosep Dion Ola., Deken Lembata Romo Sinyo Da Gomes,Pr., Perwakilan Kasat Pol PP Sdr.Fransiskus B., Pastor Paroki Sta. Maria Baneux Lewoleba Romo Blasius Kleden., Pendeta Solafide Emanuel Talan, S.Th., Ketua Orlok Sdr. Hasan B. Guhir., Anggota FKUB Sdr. Mathius.

Usai menyapa seluruh peserta rapat Kapolres Lembata menyampaikan Kegiatan yang akan dilaksanakan Polres Lembata dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru, terkait bantuan Pengamanan akan dikoordinasikan dengan Kabagops Polres Lembata AKP Agustinus Salawane.

"Berdasarkan Pengalaman bahwa perayaan Natal dan Tahun Baru di Kab. Lembata berlangsung aman dan kondusif pada Tahun-Tahun sebelumnya namun Kita jangan menganggap remeh terkait situasi tersebut, antisipasi dan kewaspadaan agar apabila terjadi kita sudah secara bersama-sama dapat mengantisipasi dan mengambil langkah penanganan." tuturnya.

"Kami akan melakukan koordinasi dengan Pemda Lembata agar dapat melaksanakan Perayaan Tahun Baru secara terpusat agar mempermudah dalam Pengamanannya." tambah Kapolres dalam arahannya.


Kepala Bagian Operasi Polres Lembata AKP Agustinus Salawane menjelaskan bahwa Polres Lembata akan melaksanakan Pengamanan Pada Gereja-Gereja sesuai dengan Jadwal Ibadah/Misa Perayaan Natal dan Tahun Baru. Untuk Pawai dan Konvoi secara umum diharapkan tidak dilakukan.

Mobilitas Orang dan Barang pada saat Perayaan Natal dan Tahun baru tentunya mengalami Peningkatan, sehingga perlu diantisipasi dengan memberikan himbauan kepada Sopir Bus dan Kapal Motor Penumpang agar tidak memuat Penumpang melebihi Kapasitas muatan.

Pabung Kodim 1624 Flotim Mayor CZi. Sunoko mengharapkan mudah-mudahan dengan Rapat Ini kita semua terus bekerjasama dalam menjaga keamanan dan kenyamanan dalam rangka Perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Kalau Saat Natal, kami yakin sudah merupakan kerja keras Para Tokoh Agama untuk menghimbau pemuda dan akan berlangsung dengan aman, namun yang perlu diantisipasi dan hal ini sering terjadi yakni pada saat Malam Tahun Baru. Kita akan kesulitan menegur Pemuda kita terlebih terkait dengan Mengkonsumsi Miras secara berlebihan. Perlu diantisipasi terkait hal ini, dan perlu kerjasama semua pihak terlebih para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, untuk melakukan Himbauan." jelasnya.

"Personil TNI saat ini di Kab. Lembata, masih minim sehingga perlu koordinasi secara Intens dengan Semua Pihak agar Keamanan dan Kenyamanan dalam rangka Natal dan Tahun Baru dapat berlangsung dengan baik." tambahnya. (41|A.L)

(HUMAS POLRES LEMBATA)