“TIGA BHABINKAMTIBMAS SAMBANGI TOKOH MASYARAKAT DAN APARAT DESA”

“TIGA  BHABINKAMTIBMAS SAMBANGI TOKOH MASYARAKAT DAN APARAT DESA”

6ecc4523-df8c-4bc9-83be-936a9d640dee 7e0ca480-b1a8-4aa7-a26d-362733bbc12d e5129628-143c-45d9-9979-be1958a12367 Tribratanewslembata.com- Pada hari Senin (05/03/2018)  Pukul  10.00 Wita Bhabinkamtibmas Desa Lamau Kecamatan Ile ape timur Kabupaten Lembata Bripka Maxi Siokain, Bhabinkamtibmas desa Watodiri Bripka Socherman Eduard dan Bhabinkamtibmas desa Jontona Brigpol Ferdinandus L. Watun, melaksanakan Sambang kebeberapa tokoh desa Waowala desa tanjung batu dan desa Amakaka berkaitan dengan permasalahan hak Ulayat antara ke tiga desa yang ada di Lewotolok kompleks.

Untuk diketahui pada hari Sabtu (03/03/2018) sempat terjadi ketegangan antara ke tiga desa yang ada dilewotolok komplek dengan ke lima desa yang disemenanjung Dulitukan. Untuk menyelesaikan permasalahan itu Bhabinkamtibmas melaksanakan pendekatan kebebrapa tokoh masyarakat diantaranya melaksanakan Sambang menemui Sekretaris desa Waowala  Karolus Kopong, Tokoh pemuda desa Waowala Polikarpus, SP, MP. Kepala Desa Tanjung Batu Nurdin Nama dan Sekretaris Desa Amakaka Mikhael Ola. Pada saat sambang Sekdes Waowala  menyampaikan bahwa dengan adanya permasalahan saling mengklaim hak ulayat antara lewotolok komplek dengan ke lima desa yang ada ditanjung  warga desa Waowala tidak terganggu dengan informasi yang berkembang dan pemerintah desa waowala menjamin keamanan dan meminta kepada pihak berwajib bisa mencari jalan keluar terhadap masalah yang dihadapi warga dan mengharapkan kepada Pemda Lembata untuk secepat mungkin menyelesaikan persoalan tersebut dengan baik dan mengutamakan pendekatan kekeluargaan.

Dalam kesempatan itu Bhabinkamtibmas menyamapaikan beberapa hal  antaralain :

  • Menghimbau kepada para Tokoh yang di sambangi agar tetap menjaga Kamtibmas.
  • Meminta kepada para Tokoh agar mempercayakan penyelesaian masalah tersebut kepada pihak berwenang dalam hal ini pemda lembata dan pihak terkait lainnya.
  • Meminta kepada para Tokoh agar menghimbau kepada warga sekitar dan juga para pemuda agar tidak terprovokasi dengan kejadian tersebut.

Pada akhir kegiatan Sambang para tokoh, Pemuda dan perangkat desa mengapresiasi kegiatan sambang ini mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat menyelesaikan segala permasalahan yang sedang dihadapi warga masyarakat di ile ape, sehingga keamanan dan ketertiban dapat terlaksana dengan baik ucap Nurdin Nama Kepala Desa Tanjung Batu.

(Humas Polres Lembata)