Program SDM Polri Polres Lembata melaksanakan kegiatan bakti kesehatan, Baksos dan penanaman Pohon dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke - 59 Tahun 2023

Program SDM Polri Polres Lembata melaksanakan kegiatan bakti kesehatan, Baksos dan penanaman Pohon dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke - 59 Tahun 2023

Sabtu tanggal 4 November 2023, Pukul 08.00 Wita Polres Lembata melaksanakan kegiatan bakti kesehatan, Baksos dan penanaman Pohon dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke - 59 Tahun 2023 yang merupakan bagian dari Program SDM Polri yang bertempat di halaman mako Polres Lembata, Kel. Lewoleba tengah, Kec. Nubatukan, Kab. Lembata.

 

Pelaksanaan  kegiatan tersebut di hadiri oleh

- Waka Polres Lembata AKBP Johanis Cristian Tanauw

- P.S. Kabag OPS Polres Lembata AKP Markus Mamu Subang

- P.S. Kabag REN Polres Lembata AKP Anderias Lapenangga

- P.S. Kabag SDM Polres Lembata AKP MARKUS TOBHIAS KAPASIANG, S.H

- Kasat Samapta Polres Lembata AKP Dionsius Emanuel

- P.S. Kasat Lantas Polres Lembata AKP Abdul Malik S.H

- Kasubagdalops Bag Ops IPTU Lejab Rejab Wuakero

- P.S. Kasiwas Polres Lembata IPTU Erlan Yayat Supriyatna

- P.S. Kasubag Bekpal Polres Lembata IPTU Ferdy P. Bessi

- P.S. Kasat Reskrim Polres Lembata IPTU I Wayan Pasek Sujana, S.H.

- P.S. Kasat Intelkam Polres Lembata IPDA YONATHAN DIAN PALINGGI, S.H.

- Kepala Puskesmas Dr. Dalmasia Yustina Sile

- Ketua IAKMI a.n DONATUS Dudeng SKM

- Kadis Lingkungan Hidup Kab. Lembata Christianus Rimbaraya S.E. M.M

- Kasi Dokes Polres Lembata Endang Abdul Malik

- Anggota Polres Lembata

- Para team Medis Puskesmas Lewoleba

- Para team IAKMI ( ikatan ahli kesehatan masyarakat Indonesia ).

 

Kegiatan bakti kesehatan, Baksos dan penanaman Pohon dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke - 59 Tahun 2023 yang merupakan bagian dari Program SDM Polri tersebut di lakukan dan di awali dengan  kegiatan yaitu

- Jalan sehat

- Senam bersama

- skrening Penyakit tidak menular ( Kolestrol, asam urat dan gula darah )

- Pemeriksaan kesehatan.

 

Kemudian di lanjutkan dengan

- Penanaman 20 ( dua puluh ) pohon mahapari di lahan kosong Mako Polres Lembata

- Melaksanakan pemberian bantuan sosial terhadap anak stunting yang terbagi atas beberapa tempat yaitu :

  • Mengunjungi Alena Rosna Raja, yang berumur 1 tahun 3 bulan, dengan berat badan 8,3 kg, bertempat di komak, Kel. Lewoleba selatan, Kab. Lembata.
  • Mengunjungi Veronika Palang, yang berumur 1 tahun 2 bulan, dengan berat badan 7,3 kg, bertempat di Berdikari, Kel. Lewoleba , Kab. Lembata.
  • Mengunjungi anak kembar Sarifa dengan berat badan 6 kg dan Safira dengan berat badan 6,2 kg, yang berumur 8 bulan, bertempat di Rayuan, Kel. Lewoleba Utara , Kab. Lembata.
  • Mengunjungi anak Sabila dengan berat badan 8,2 kg, yang berumur 8,5 bulan, bertempat di kubur Cina lingkungan Kota baru utara, Kel. Lewoleba tengah , Kab. Lembata.
  • Mengunjungi anak Cleon dengan berat badan 10,1 kg, yang berumur 2 tahun, bertempat di rumah kencana, Kota Baru, Kel. Lewoleba tengah , Kab. Lembata.

 

Pada kesempatan di sela-sela pelaksanaan kegiatan tersebut, Waka Polres Lembata AKBP Johanis Cristian Tanauw menyampaikan bahwa, Pelaksanaan kegiatan Bakti kesehatan, Bakti Sosial dan Penanaman Pohon adalah program dari SDM POLRI untuk melaksanakan kegiatan ini terutama pada kegiatan pemeriksaan kesehatan terhadap anggota Polri maupun masyarakat, melaksanakan penanaman pohon mahapari dan kegiatan bantuan sosial terhadap anak stunting, dan kegiatan yang di lakukan merupakan salah satu bentuk perhatian Polri kepada warga masyarakat, karena kegiatan yang di laksanakan tersebut di lakukan secara serentak.

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Lembata Christianus Rimbaraya S.E. M.M pada kesempatan tersebut juga menyampaikan pelaksanaan Penanaman pohon adalah kegiatan penghijauan diruang terbuka dan untuk meningkatkan indeks penanaman pohon karena kegiatan tersebut masih sangat rendah makanya butuh aktifitas penanaman pohon untuk menaikkan angka indeks tersebut dengan cara menyiapkan bibit tanaman. khusus pohon mala pari berfungsi untuk bahan baku sabun, obat - obatan herbal, bahan bakar bio solar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Lembata Christianus Rimbaraya S.E. M.M juga menyampaikan Ucapan terimakasih kepada polri yang sudah membantu dan bekerjasama untuk melaksanakan penanaman pohon serentak ini dan kegiatan yang sangat baik ini sudah mebuka pemikiran terhadap masyarakat yang sudah ikut berpartisipasi melaksanakan penanaman yang lebih besar

 

Pada Kesempatan yang sama pula, Kepala Puskesmas Dr. Dalmasia Yustina Sile mengucapkan terimakasih kepada pihak Polri yang sudah memfasilitasi kegiatan Bakti Kesehatan ini sehingga bisa berlangsung di area / halaman Polres Lembata.

Kepala Puskesmas Dr. Dalmasia Yustina Sile juga menyampaikan agar selalu menjaga pola makan yang baik dan teratur guna meningkatkan pola hidup sehat dan terhindar dari bermacam penyakit. (T.V.A.B)