Pimpin Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Kesiapan Menghadapi Bencana Cuaca Ekstrim Tahun 2022 diwilayah Kab. Lembata, Ini Yang Disampaikan Kapolres Lembata

Pimpin Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Kesiapan Menghadapi Bencana Cuaca Ekstrim Tahun 2022 diwilayah Kab. Lembata, Ini Yang Disampaikan Kapolres Lembata

Tribratanewslembata-  Jumat Tanggal 18 Februari 2022, Pukul 08.05 Wita bertempat dilapangan Upacara Polres Lembata dilaksanakan Giat Apel Gelar Pasukan dalam Rangka Kesiapan Menghadapi Bencana Cuaca Ekstrim Tahun 2022 diwilayah Kab. Lembata yang di pimpin langsung oleh Kapolres Lembata AKBP Dwi Handono Prasanto, S.I.K.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut  yakni  Waka Polres Kompol Johanis Chirstian Tanauw, Mewakili Pabung Kodim 1624/ Flotim Serka Yafet Ufi,  Shyabandar Lewoleba Bpk. ABDUL syukur Aklis & W. ADY Sucipto, Mewakili Kadis Perhubungan Bpk. Saleh Sadi, Mewakili Kadis Sosial Bpk. Paulus Marang,  Kepala PLN Ahmad Taufiqul Lubab, Mewakili Kasat Pol PP Bpk. Lambertus Maria Sili S.sos. dan  Mewakili Ka Bandara Wunopito Mikhal Hirewake.

Serta Peserta Upacara terdiri dari 1 SST - Para Kabag, Kasat, Kabugag, KBO dan Perwira Polres lembata, 1 SST - TNI AD,  1 SST - Sat. Lantas , 1 SST - Sat. Samapta, 1 SST - Staf Polres Lembata, 1 SST – Babhinkamtibmas, 1 SST - Sat Polairud, 1 SST - Sat. Pol PP, 1 SST - BNPB Kab. Lembata, 1 SST - Tagana Kab. Lembata, 1 SST – Dinkes dan 1 SST - Sat Intelkam.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pengecekan sarana prasarana yang disiapkan sebagai antisipasi bencana alam di wilayah Kabupaten Lembata. Sekaligus pengecekan kesiapan personil yang akan terlibat dalam penanganan bencana.

Dalam amanat Kapolres lembata mengatakan  bahwa mengawali Amanat ini mari kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, atas segala limpahan Nikmat dan Karunianya kepada kita sehingga dapat hadir ditempat ini untuk mengikuti kegiatan Apel Gelar Pasukan dalam Rangka Kesiapan Menghadapi Bencana Cuaca Ekstrim diwilayah Kab. Lembata pada Tahun 2022.

Gelar pasukan yang kita laksanakan ini merupakan tahapan penting yang harus dilaksanakan dalam suatu proses manajerial untuk memastikan bahwa TNI - Polri, Pemda serta seluruh instansi terkait dan  segenap potensi masyarakat  benar-benar siap baik dari segi kekuatan personil Kemampuan, maupun kelengkapan sarana prasarana yang akan digunakan sebelum diturunkan ke lapangan.

Melalui Kegiatan ini diharapkan dapat dilakukan pengecekan terkait kesiapan personil sarana dan prasarana yang dimiliki oleh seluruh stakeholder sehingga kesiap siagaan untuk menghadapi bencana Ekstrim yang berbasis sinerji dapat terwujud dengan output yaitu adanya kesiapan dari seluruh komponen dalam menghadapi situasi Kontijensi bencana cuaca ekstrim yang mungkin terjadi di wilayah kabupaten lembata.

Berdasarkan bencana alam pada akhir Tahun 2019 terjadi bencana angin puting beliung dari pantai wisata Desa Waijarang dengan kerugian material kurang lebih sebesar Rp. 60.000.000, dan pada Tahun 2020 terjadi bencana alam di Desa Kolipadan Kec. Ile Ape Kab. Lembata dan sebagian besar wilayah kecamatan Lebatukan dengan kerugian Material sebesar Rp. 242.500.000 dan pada Tahun 2021 terjadi bencana alam cuaca Ekstrim badai seroja dengan korban jiwa sebanyak 192 Orang terdiri dari Korban yang ditemukan dalam pencarian sebanyak 86 Orang, korban meninggal yang sudah ditemukan sebanyak 46 Orang, korban hilang yang belum dutemukan sebanyak 22 Orang, dan korban luka-luka sebanyak 56 Orang. Belajar dari pengalaman menghadapi berbagai kejadian bencana diwilayah kita hari ini dan hal tersebut diatas makan dalam penyelenggaraan penaggulangan bencana yang dilaksanakan secara terencana dan terintregrasi, disamping itu dalam penaggulangan bencana perlu dipahami filosofi dari penanggulangan bencana yaitu pengurangan resiko bencana dengan berupaya menjauhkan Rakyat dari bencana dan menjauhkan Bencana dari Rakyat.Ucap Kapolres Lembata AKBP Dwi Handono Prasanto, S.I.K.

 Pada kesempatan ini saya selaku Kapolres Lembata mengucapkan Trimakasi dan menyampaikan penghargaan yang setingginya kepada pemerintah daerah Kab. Lembata, Unsur TNI dan Inskat lainya.

 Atas kerja sama yang telah terjalin dengan baik selama ini dalam menjaga stabilitas Kamtibmas diwilayah Kab. Lembata saya berharap jalunan Kordinasi dan sinergi yang kokoh tetap kita pertahankan serta kita tingkatkan pada masa yang akan datang.

 Demikian beberapa hal yang saya sampaikan dalam kesempatan ini dan dengan memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, semoga Allah S.W.T senantiasa memberikan bimbingan perlindungan dan pengabdian kepada Masyarakat Bangsa dan Negara.Tutup Kapolres Lembata.

 

( HUMAS POLRES LEMBATA )