Kapolres Vivick Tjangkung Terjunkan 125 Personil Untuk Pengamanan Ibadah Paskah Di Kabupaten Lembata

Kapolres Vivick Tjangkung Terjunkan 125 Personil Untuk Pengamanan Ibadah Paskah Di Kabupaten Lembata

Untuk memastikan keamanan dan ketenangan pelaksanaan menjelang ibadah Paskah puncak perayaan hari paskah, petugas Kepolisian Resor Lembata melakukan pengamanan dan penjagaan di gereja-gereja yang melaksanakan ibadah.

Kapolres Lembata, AKBP Vivick Tjangkung mengatakan bahwa, Kegiatan pengamanan gereja perayaan paskah 2024 dilakukan dari tingkat Polres hingga Polsek serta Polsubsektor di 9 wilayah kecamatan yang menyebar di wilayah hukum Polres Lembata.

” Sebanyak 125 personil diterjunkan untuk siaga melaksanakan pengamanan dalam rangkaian hari Paskah yaitu mulai saat Kamis Putih, Jumat Agung hingga Minggu Paskah,” ungkap Vivick.

“Kita tidak mau underestimate, patroli penjagaan dan pengamanan intensif kita lakukan. Dan kita jalin sinergi dengan TNI serta petugas lintas sektoral lainnya seperti halnya Pol PP, kelompok pemuda Agama Islam, Katholik, dan Protestan untuk bergerak bersama sama dalam rangka pengamanan pada perayaan paskah tahun 2024,” beber Vivick Tjangkung.

“Selain menyasar gereja gereja, Kapolres Vivick menuturkan, pihaknya juga melakukan patroli sasaran lokasi rawan tindak kriminal seperti pusat perbelanjaan, serta kawasan yang menjadi potensi adanya tindakan kejahatan,” tuturnya.

Lanjut Vivick, mengingat momen hari Paskah tahun ini berbarengan dengan bulan suci Ramadhan. Vivick mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga silaturahmi dan toleransi antar umat beragama,” ujarnya.

“Mari kita ciptakan kondusifitas wilayah di kabupaten Lembata. Salah satunya dengan menjaga toleransi antar umat beragama. Kami ucapkan selamat merayakan hari Paskah bagi saudara saudara kita yang merayakannya,” ucap Mantan Kasat Narkoba Polres Jakarta Selatan ini.

Adapun selama siaga hari Paskah, Polres Lembata juga menerjunkan tim sterilisasi gereja guna antisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

“Sebelum kegiatan ibadah dilakukan, kami lakukan sterilisasi dengan metal detektor. Sehingga diharapkan kerjasama seluruh masyarakat untuk sama Sama menjaga keamanan menjelang ibadah paskah dan hari perayaan Paskah agar berjalan aman kondusif,” tutupnya.

Sementara pantauan wartawan Media ini Kamis (28/3/2024) pagi Petugas Kepolisian Resor Lembata yang di pimpin langsung oleh, Kabag OPS Polres Lembata, AKP Markus Mamu Subang melaksanakan kegiatan sterilisasi Gereja yang berada di kota Lewoleba seperti halnya Gereja St. Maria Baneux Lewoleba, Gereja Solavide, Gereja Kristus Raja Wangatoa, dan Gereja St. Fransiskus Asisi Lamahora dan Gereja St. Arnoldus Yansen Waikomo.

Disela sela kegiatan tersebut, Pastor Gereja St Fransiskus asisi Lamahora dan Gereja Kristus Raja wangatoa senada mengucapkan terima kasih kepada kepolisian Resor Lembata yang telah melakukan sterilisasi Gereja, tentunya kegiatan ini menjadi kebanggaan kami bisa melakukan ibadah paskah dengan riang gembira, aman dan nyaman tanpa gangguan apapun.