“BHABINKAMTIBMAS MONITORING PEMBANGUNAN POSYANDU YANG MENGGUNAKAN DANA DESA”

“BHABINKAMTIBMAS MONITORING PEMBANGUNAN POSYANDU YANG MENGGUNAKAN DANA DESA”

0ff6c87e-ea4a-4907-b6d2-b1790cf2b47c 5b35091e-155a-4d37-9441-3a1ab02f7212 Tribratanewslembata.com- Pada hari Senin (05/02/2018)  pukul  13.30 Wita  Bhabinkamtibmas Desa Hingalamamengi Kecamatan Omesuri Kabupaten Lembata Brigpol  Rahman Masan Uba, melaksanakan monitoring pematokan fondasi  dalam rangka pembangunan Balai Posyandu desa Meluwiting, Pembangunan ini bersumber dari dana desa untuk tahun  2017 sebesar Rp. 88.600,700,-

Pada kesempatan itu  Brigpol Rahman menyampaikan tujuan Bhabinkamtibmas  melaksanakan monitoring ini sesuai dengan MOU  antara Kemendes, Kemendagri, dan Kapolri  tentang pengawasan,  pencegahan dan penanganan  Polri dalam Dana Desa, bahwa  Polisi sebagai aparat penegak hukum akan mendampingi Kepala Desa (Kades). sehingga ada pengawasan dalam penggunaan Dana Desa baik dari tingkat Pusat maupun dari Provinsi. Namun pengawasan yang dilakukan Polisi tidak pada semua aspek. Misalnya, sebatas pengawasan fisik pembangunan yang  menggunakan Dana Desa. Sehingga apabila ada kesalahan yang bersifat administrasi agar segera dilengkapi,  intinya sebelum dapat mengarah ke Pidana.

Adapun aparat yang dikerahkan Polri dalam pengawasan Dana Desa,  yakni Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) yang berada di wilayah Desa Binaannya masing-masing. “ Ujar Rahman”. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam penggunaan dana desa dalam pembangunan Balai Posyandu ini antara lain :

  1. Dalam pembangunan ini harus sesuai RAB (Rencana Anggaran Biaya) yang sudah di buat.
  2. Dalam pembangunan  hendaknya melibatkan tenaga kerja dari masyarakat supaya warga juga bisa menikmati upah dari dana desa tersebut.
  3. Melaksanakan pembangunan ini tepat waktu sesuai dengan waktu yang sudah di targetkan.
  4. Hindari segala bentuk yang melanggar hukum dan ikuti petunjuk teknis serta petunjuk pelaksana yang sudah di atur oleh pemerintah.
  5. Mari kita sama-sama membangun desa ini   sehingga  kesejahteraan, keamanan, ketertiban dapat terus terbina dan segala permasalahan kita selesaikan secara kekeluargaan.

Tanggapan dari tokoh masyarakat  selaku ketua TPK (Tim  Pengelola Kegiatan), Bapak  Daniel Dolu  Mengucapkan terima kasih kepada Bhabinkamtibmas atas  kunjungannya dan meminta kegiatan di monitoring sehingga pelaksanaan pembangunan Balai Posyandu dapat berjalan dengan baik dan terhindar dari perbuatan yang melawan Hukum.

(Humas Polres Lembata)