Asa Kemampuan, Jajaran Polres Lembata Gelar Latihan Menembak

Asa Kemampuan, Jajaran Polres Lembata Gelar Latihan Menembak

Tribratanewslembata–  Guna mengasah kemampuan anggota, Kapolres Lembata AKBP Yoce Marten, S.H.,S.I.K.,M.I.K. menggelar latihan menembak bersama Wakapolres, Pejabat Utama Polres Lembata, Perwira dan anggota di lapangan tembak Desa Muruona, Sabtu (07/11/2020) pagi.

Orang nomor satu di jajaran Polres Lembata tesebut menyatakan, selain untuk mengasah kemampuan seluruh jajaran Polres Lembata terutama anggota yang melaksanakan tugas penjagaan, latihan menembak ini merupakan salah satu upaya antisipasi adanya kesalahan prosedur dalam menggunakan senjata api.

Semua anggota Polri yang dipercaya memegang senjata api harus memiliki kualifikasi mahir menembak, juga lebih bersikap bijaksana dan berjiwa matang dalam menyikapi amanah yang diberikan, harus berjiwa matang hal tersebut dibuktikan dengan lulus ujian psikotes.

“Jangan sampai terjadi salah tembak atau menembak diri sendiri, karena kurang pengendalian dalam mengontrol emosi diri akibat permasalah pribadi maupun dinas,” kata Kapolres.

Dengan latihan menembak diharapkan personel yang sudah mempunyai izin pinjam pakai senjata api lebih bisa menguasai cara penggunaan senjata, mulai dari penguasaan teknik menembak secara benar sampai bagaimana cara mengatur emosi diri ketika mulai mencabut senjata.

“Yang terpenting ketika di lapangan dan berhadapan langsung dengan pelaku kejahatan, anggota dapat lebih terampil dalam mengambil tindakan menembak sesuai sasaran untuk melumpuhkan, bukan mematikan,” ujarnya.

Kapolres mengatakan, itu semua hanya dapat diwujudkan dengan berlatih secara rutin. “Pada dasarnya pada saat menembak harus mengatur ritme pernafasan untuk mengendalikan diri sehingga tepat sasaran,” pungkas Kapolres.