Polres Lembata Kembali Membuka Pendaftaran Rekpro Bintara Polri T.A 2022.

Polres Lembata Kembali Membuka Pendaftaran Rekpro Bintara Polri T.A 2022.

Tribratanewslembata - Kepolisian Republik Indonesia membuka kesempatan bagi pemuda pemudi Indonesia untuk mengikuti seleksi Bintara Polri Proaktif T.A. 2022, dalam rekrutmen ini terdapat tiga kategori, yakni affirmative action, talent scouting, dan penghargaan.

Kategori affirmative action adalah kebijakan yang diberikan secara khusus kepada golongan tertentu secara proporsional bagi putra-putri dari berbagai daerah terpencil di Indonesia meliputi wilayah suku pedalaman seperti di hutan, gunung, perairan pesisir, dan pulau-pulau kecil terluar atau perbatasan.

Sedangkan talent scouting adalah pencarian bakat calon anggota Polri yang memiliki bakat khusus, minat, dan potensi khusus yang dibutuhkan oleh Polri dari prestasi akademik dan non-akademik.

Prestasi akademik meliputi juara olimpiade sains tingkat kabupaten, provinsi atau nasional. Prestasi non-akademik diantaranya juara bidang olahraga tingkat provinsi, nasional dan internasional serta juara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Selain itu, termasuk diantaranya hafidz Quran dan memahami tafsir Quran. Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tingkat nasional.

Sedangkan kategori penghargaan diberikan kepada anak kandung anggota Polri yang gugur, tewas, atau cacat dalam melaksanakan tugas yang dibuktikan dengan keputusan Kapolri dan memiliki tanda kehormatan.

Kabag SDM Polres Lembata Kompol A. Agung Ngurah Surya, mengatakan bahwa persyaratan umum bagi masyarakat yang ingin mengikuti seleksi ini sama halnya seperti seleksi pada umumnya yakni Warga negara Indonesia, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, pendidikan paling rendah SMU/Sederajat, usia minimal 18 tahun pada saat dilantik sebagai anggota Polri, sehat jasmani dan rohani, tidak pernah dipidana, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.

“Yang membedakan adalah tiga kategori yang disyaratkan, affirmative action, talent scouting, dan penghargaan.” Jelas Kabag SDM Polres Lembata.

Di tempat terpisah Kapolres Lembata AKBP Yoce Marten, S.H., S.I.K., M.I.K. mengatakan bahwa rekrutmen Bintara Proaktif ini menggunakan prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis ( Betah) sehingga dapat mewujudkan anggota Polri yang Presisi.

“Pendaftaran dibuka mulai tanggal 10 – 19 November 2021. Bagi yang berminat dan memenuhi syarat bisa mendaftarkan diri secara online dan offline di Biro SDM Polres Lembata” ucap Kapolres.

“Dalam rekrutmen Bintara Polri proaktif ini tidak dipungut biaya (gratis),” tutupnya. (41|A.L)

 

(HUMAS POLRES LEMBATA)