Satuan Samapta Polres Lembata lakukan patroli jarak jauh ke Kecamatan Buyasuri

Satuan Samapta Polres Lembata lakukan patroli jarak jauh ke Kecamatan Buyasuri

Tribratanewslembata.com – Anggota Samapta  Polres melaksanakan giat Patroli jarak jauh menuju Kecamatan Buyasuri  yang di pimpin langsung oleh Kasat Samapta Polres Lembata Iptu Ola Angin Leonardus Beserta Katim seguni Ipda Yance Kadiaman.

Pelaksanaan patroli jarak jauh menuju Kecamatan Byasuri diawali dengan apel persiapan. Anggota patroli diberi arahan menyangkut jalur dan juga tentang tindakan yang harus dan baik di lapangan. Anggota samapta tepat Pukul 07.15 wita keluar dari Markas Komando menggunakan kendaraan bermotor roda 2 (dua) dan kendaraan bermotor roda 4 (empat), jumlah Personil yang mengikuti sebanyak 15 orang.

Setelah tiba d Desa Kahua, anggota patroli disambut oleh Kapolsek Buyasuri Ipda Made Sedanayasa yang telah menanti kedatangan mereka. Seperti yang sudah diagendakan oleh Kasat Samapta Polres Lembata untuk melaksanakan tatap muka dengan Toga,Toma,Toda dari beberapa desa sekecamatan Buyasuri telah difasilitasi oleh Kapolsek Buyasuri dan akan dilaksanakan tepat pukul 10.00 wita bertempat di Balai desa Kahua, Kec. Buyasuri, Kab. Lembata.

Kegiatan ini diisi dengan sambutan oleh Kepala Desa Kahua, sambutan dari Kapolsek Buyasuri, dan arahan dari Kasat Samapta. Dalam kesempatan ini Kasat Samapta Polres Lembata menyampaikan pesan-pesan kamtibmas, cara menangani persoalan yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat, jenjang  penyelesaian masalah, berbagai tips untuk menjaga keamanan diri dan keluarga. Pada kesempatan ini juga Kasat Samapta Polres Lembata juga memberikan ruang kepada masyarakt untuk menyampaikan Saran, kritik, dan pertanyaan menyangkut tugas POLRI.

Adapun juga arahan dari Katim Seguni yang terlebih dahulu mengenalkan kepada warga masyarakat Kecamatan Buyasuri tentang keberadaan tim taktis cepat tanggap yang dibentuk yaitu Team Seguni dan menghimbau masyarakat untuk tidak mendukung setiap kegiatan yg melanggar hukum dan segera melaporkan setiap kasus  bom ikan, pembakaran hutan, dan kasus menonjol lainnya.

Masyarakat Kecamatan Buyasuri sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan memberikan masukan positif tentang tugas Polres Lembata khususnya Team Seguni dan menyarankan agar kehadiran team seguni dapat disosialisasikan kepada seluruh masyarakat Lembata.

Selesai dari kegiatan di Kecamatan Buyasuri anggota Samapta Polres Lembata bergegas kembali ke Kota Lewolaba dan mengambil jalur pantai serta menyambangi beberapa pemuda di wairiang lalu diberikan himbauan oleh Kasat Samapta tentang Kamtibmas dan selalu waspada dengan dampak dari musim hujan deras yang disertai angin kencang dan juga tepatnya di Desa Wailolong, anggota Samapta bertemu dengan masyarakat yang berhenti di pinggir jalan disebabkan oleh motornya yang mogok sehingga anggota memperbaiki sepeda motor yang macet, dan berhasil menghidupkan sepeda motor tersebut. Anggota Samapta Polres Lembata lalu melanjutkan perjalanan menuju Mako Polres Lembata untuk melaksanakan apel evaluasi pelaksanaan patroli. (A.D).